26 Desember 2007

Rinus Michels Telah Tiada


Amsterdam, Kamis - Sepak bola Belanda khususnya dan dunia umumnya kehilangan salah satu "anak emasnya", Rinus Michels, yang terkenal sebagai pencetus total football di era tahun 1970-an bersama klub Ajax Amsterdam dan tim nasional Belanda. Michels meninggal dalam usia 77 tahun, Kamis (3/3).

Keterangan resmi atas meninggalnya Michels dikeluarkan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) hari Kamis (3/3). Menurut pihak KNVB, Michels yang dijuluki "Sang Jenderal" meninggal dunia pukul 04.00 GMT di sebuah rumah sakit di Brussels, Belgia, setelah menjalani operasi jantung.

Legenda sepak bola

Dunia sepak bola tidak saja akan mengenang Michels sebagai pencetus total football, tetapi lebih dari itu nama almarhum bakal tercatat sebagai legenda sepak bola dunia.

Lewat total football, setiap insan sepak bola, baik yang terlibat langsung di dalam maupun luar lapangan sama-sama menikmati indahnya sebuah permainan. Mereka yang terlibat secara langsung maupun tidak dengan total football, secara otomatis mengeluarkan imajinasi dan kreativitasnya. Di sanalah, kekuatan dan keindahan total football yang begitu memikat.

Tidak heran kalau di tahun 1999, Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) memilihnya sebagai Pelatih Abad ini

"Dia (Michels) akan dikenang sebagai salah satu pelatih terbaik yang pernah dimiliki Belanda, bahkan mungkin dunia," kata juru bicara KNVB, Frank Huizinga.

"Dia adalah orang yang bersama Johan Cruyff mengangkat sepak bola Belanda sejajar dengan tim-tim besar dunia lainnya," sambung Menteri Kesehatan, Kesejahteraan dan Olahraga Belanda, Clemence Ross-van Dorp.

Lahir di Amsterdam, 9 Februari 1928, dengan nama lengkap Marinus Hendrikus Jacobus Michels, dan memulai karier sepak bolanya bersama Ajax Amsterdam di usia 18 tahun. Pada partai perdananya melawan ADO of the Hague, Michels mencetak lima dari delapan gol Ajax untuk menghancurkan lawannya dengan skor telak, 8-3.

Dalam kariernya sebagai pelatih, Michels telah menghadirkan sejumlah gelar baik di kancah antarklub maupun tingkat tim nasional.

Bersama, Ajax Amsterdam, Michels membawa klub kebanggaan Belanda itu juara Liga Champions pertama kali tahun 1971 dengan mengalahkan kesebelasan Panathinaikos (Yunani) di final di Stadion Wembley, Inggris.

Di tingkat tim nasional, kenangan paling manis baginya terjadi ketika membawa Belanda untuk pertama kali juara Piala Eropa dengan mengalahkan Uni Soviet (kini Rusia), 2-0 tahun 1988 di Jerman.

Sebelum sampai di final Belanda bahkan melakukan revans atas tuan rumah Jerman 2-1. Kemenangan atas Jerman itu merupakan balasan atas kekalahan Belanda di final Piala Dunia 1974.

0 Comments: