26 Desember 2007

Sepatu Emas Milik Klose

KLOSE

BERLIN - Penyerang Jerman, Miroslav Klose, berhasil meraih penghargaan sepatu emas Piala Dunia 2006. Lima gol yang dicetak di Jerman mengantarkan Klose menjadi pencetak gol terbanyak. Bagi Jerman, ini adalah penghargaan ketiga pada turnamen ini setelah Tim Panser memastikan diri meraih peringkat ketiga dan Lukas Podolski dinobatkan sebagai pemain muda terbaik.

Klose, 28 tahun, sempat berharap-harap cemas menyaksikan partai final Piala Dunia antara Italia dan Prancis, dini hari kemarin. Dia sangat seksama mengawasi aksi penyerang Prancis, Thierry Henry, yang sudah mengemas tiga gol dan jadi pesaingnya dalam perebutan penghargaan sepatu emas itu.

Sehari sebelumnya, Klose gagal mencetak gol saat Jerman meraih peringkat ketiga dengan mengalahkan Portugal. Cedera membuatnya tak bisa tampil maksimal. Tapi Klose akhirnya bisa bernapas lega. Henry gagal menambah koleksi golnya pada laga yang dimenangi Italia itu. Selain Henry, ada tujuh pemain lain yang juga mengoleksi tiga gol pada Piala Dunia kali ini.

Bagi Klose, penghargaan ini menjadi penebusan untuk Piala Dunia sebelumnya. Pada 2002, penyerang Werder Bremen ini juga sukses mencetak lima gol, tapi masih kalah dari Ronaldo (Brasil) yang melesakkan delapan gol. "Menjadi top scorer adalah sebuah kehormatan besar," kata pemain kelahiran Polandia ini.

Jumlah lima gol--yang mengantarkan Klose menjadi top socrer--itu adalah yang ketiga terendah setelah Piala Dunia 1962 dan Piala Dunia 1932 saat beberapa pemain mencetak empat gol. Pencetak gol tersubur dalam satu turnamen Piala Dunia adalah Just Fontaine (Prancis) yang mencetak 13 gol pada Piala Dunia 1958.

Bagi Klose, lima gol itu mengantarnya mengoleksi 10 gol di ajang Piala Dunia. Dia hanya terpaut satu gol dari koleksi gol Piala Dunia Juergen Klinsmann dan berbeda empat gol dari pencapaian gol legenda Jerman lainnya, Gerd Mueller. Gelar pencetak gol tersubur sepanjang sejarah Piala Dunia sementara dipegang Ronaldo dengan 15 gol.

Sementara itu, gelar top scorer yang diraih Klose adalah yang kedua kali sepanjang tahun ini setelah dia juga memastikan diri menjadi pencetak gol terbanyak di ajang Bundesliga, bersama Bremen dengan 25 gol.

Ketajaman yang ditunjukkan di Jerman membuat Klose jadi incaran. Klub Inggris, Newcastle United, kini memburu dia untuk dijadikan pengganti Alan Shearer yang pensiun. Klose sendiri mengatakan kontraknya bersama Bremen akan selesai pada 2008. "Saya memang ingin berkarir di luar negeri, tapi saya belum mau membicarakan itu sekarang. Saya hanya ingin berlibur dulu sebelum memulai musim baru," katanya.

0 Comments: